Sunday, February 16, 2020

Islam wasathasiyah

Pada kesempatan itu, Prof Dr KH Ma'ruf Amin menyebut, Islam Wasathiyah adalah model ekspresi dan pemahaman yang relevan dalam bingkai kenegaraan di Indonesia. Artinya, Islam tengahan dan moderat sebagai pemahaman ajaran Islam yang menggunakan empat kaidah. Pertama, santun, tidak keras dan tidak radikal. Kedua, suka rela, tidak memaksa dan tidak mengintimidasi. Ketiga, toleran, tidak egois dan tidak fanatis. Terakhir, saling mencintai, tidak saling bermusuhan dan membenci.

"Islam Wasathiyah dimaknai sebagai ajaran Islam rahmatan lil alamin, rahmat bagi seluruh alam semesta. Islam Wasathiyah adalah 'Islam Tengah' untuk terwujudnya umat terbaik (khairu ummah)." Ujar Amin.

Sebagai negara berpopulasi muslim terbesar, menganut demokrasi dan memiliki anatomi demografi yang heterogen, Amin menyebut, relasi Islam dan negara di Indonesia memiliki dinamika yang unik. Unik yang dimaksudnya adalah tidak menganut teokrasi, yang berpijak pada satu agama tertentu, dan bukan negara sekular yang memisahkan agama dari negara.

No comments:

Post a Comment

JUDUL NOVEL

KISAH PEREMPUAN BAU LAWEYAN # 1

Kisah Perempuan Bahu Laweyan Yang Menikahi 9 Laki-laki  #01 WAJAHNYA tampak segar. Dia baru mandi dibawah pancuran air gunung Penanggungan. ...

POSTING POPULER